Laporkan Penyalahgunaan

Categories

Recent Posts

ads

Comments

ads m

Featured Posts

Recent Posts

adst

Most Popular

ads Mgid

Recent in Sports

DO NOT DELETE THIS (contact form widget)

Nama

Email *

Pesan *

Label

Bantuan Langsung Tunai BLT dan Bantuan Sembako untuk Warga Terdampak El Nino

Posting Komentar

 


Pada bulan Desember ini, pemerintah telah merespons dampak fenomena El Nino dengan menggelar program Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk warga yang terdampak. Program ini diimplementasikan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang mengalami kesulitan akibat kondisi cuaca ekstrem.

Pemberian BLT dilakukan selama dua bulan, yakni pada November dan Desember, dengan besaran bantuan sebesar Rp400.000 per keluarga penerima manfaat. Bantuan ini ditujukan untuk meringankan beban ekonomi keluarga yang terdampak secara langsung oleh kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Penerima BLT terdiri dari keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak Rp18,8 juta. Program ini fokus pada keluarga penerima sembako yang membutuhkan dukungan ekstra dalam menghadapi tantangan akibat El Nino. Selain BLT, para penerima sembako juga mendapatkan bantuan beras sejumlah 21,3 juta KPM.

Proses penyaluran BLT dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima. Hal ini bertujuan untuk memastikan penyaluran yang efisien dan tepat sasaran. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui daftar penerima BLT secara daring, dapat mengakses cekbansos.kemensos.go.id atau menggunakan aplikasi cek bansos.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek daftar penerima BLT El Nino melalui laman cekbansos.kemensos.go.id:

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.
  3. Input nama penerima manfaat (PM) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Ketikkan empat huruf kode yang tertera dalam kotak kode (tanpa spasi) atau klik "refresh" jika kode huruf kurang jelas.
  5. Klik "cari data".
  6. Halaman situs Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai wilayah yang dimasukkan.
  7. Status penerima BLT dapat dilihat pada kolom Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) atau bantuan sembako dengan keterangan "ya".

Bagi penerima manfaat yang belum memiliki "aplikasi cek bansos", dapat membuat akun baru dengan mengisi data sesuai dengan KTP. Setelah diverifikasi, akun akan diaktifkan, dan masyarakat dapat mengakses menu "cek bansos" untuk memeriksa status penerima manfaat.

Program ini diharapkan dapat memberikan dukungan nyata kepada masyarakat yang terdampak El Nino, sehingga kondisi ekonomi mereka dapat pulih dan stabil.

Related Posts

Posting Komentar

Advertisement

ads f

close