Laporkan Penyalahgunaan

Categories

Recent Posts

ads

Comments

ads m

Featured Posts

Recent Posts

adst

Most Popular

ads Mgid

Recent in Sports

DO NOT DELETE THIS (contact form widget)

Nama

Email *

Pesan *

Label

Buleleng Bangkit Bersama, Penyaluran Bantuan Sosial Uang (BSU) untuk Mengentaskan Kemiskinan

Posting Komentar


Buleleng, 20 Desember 2023 - Pemerintah Kabupaten Buleleng terus berkomitmen dalam upaya mengentaskan kemiskinan di daerah ini. Menindaklanjuti arahan Pj. Bupati Buleleng, berbagai program dan kegiatan telah dilaksanakan, salah satunya melalui Dinas Sosial dengan mengucurkan program Bantuan Sosial Uang (BSU).

Dana BSU, yang bersumber dari APBD Buleleng, diarahkan untuk membantu Penyandang Disabilitas kurang mampu yang belum mendapatkan program bantuan sosial, serta masyarakat kategori miskin ekstrem yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Total bantuan yang diberikan mencapai Rp. 3.600.000,- (tiga juta enam ratus ribu rupiah), disalurkan bertahap sebesar Rp. 450.000,- per bulan selama 8 bulan, mulai bulan Mei hingga Desember tahun 2023. Saat ini, dana BSU tahap keempat telah cair untuk periode November dan Desember 2023.

Kepala Dinas Sosial, I Putu Kariaman Putra, turun langsung ke lokasi untuk memantau kelancaran penyaluran BSU Penyandang Disabilitas dan Kategori Kemiskinan Ekstrem pada tahap akhir. Pencairan BSU Tahap 4 dilaksanakan di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Banjar dan Kecamatan Tejakula.

Dalam penyaluran ini, Kecamatan Banjar memiliki 162 orang penerima manfaat BSU Penyandang Disabilitas dan 62 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kategori Kemiskinan Ekstrem. Sementara itu, Kecamatan Tejakula memiliki 76 penerima BSU Penyandang Disabilitas dan 32 KPM kategori Kemiskinan Ekstrem.

Proses pencairan bantuan dilakukan dengan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Buleleng, PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Singaraja, dan Seririt. Di Kecamatan Banjar, pencairan dilaksanakan di Kantor Desa Banjar Tegeha dan wantilan Desa Gobleg. Sedangkan di Kecamatan Tejakula, dipusatkan di Kantor Desa Julah, Kantor Desa Tejakula, dan Kantor Desa Sambirenteng.

Penyaluran bantuan ini bertujuan membantu masyarakat kurang mampu memenuhi kebutuhan dasar, terutama menjelang Hari Raya Pagerwesi, Natal, dan Tahun Baru. Dengan program BSU ini, diharapkan pengentasan kemiskinan di Buleleng dapat lebih cepat tercapai, membawa kemakmuran, dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Related Posts

Posting Komentar

Advertisement

ads f

close