Laporkan Penyalahgunaan

Categories

Recent Posts

ads

Comments

ads m

Featured Posts

Recent Posts

adst

Most Popular

ads Mgid

Recent in Sports

DO NOT DELETE THIS (contact form widget)

Nama

Email *

Pesan *

Label

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Pulau Doi, Halmahera Utara, Maluku Utara

Posting Komentar

 


Halmahera Utara, Maluku Utara - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,6 mengguncang wilayah Pulau Doi, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara (Malut), pada Selasa (5/12/2023) pukul 21.36 WIT. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa ini terjadi di laut dengan kedalaman 18 kilometer.

BMKG, melalui akun resmi Twitter @infoBMKG, mencatat gempa dengan keterangan "Gempa Mag: 5,6." Informasi yang disampaikan BMKG menunjukkan bahwa episentrum gempa berada di koordinat 2.64 derajat lintang utara dan 128.24 derajat bujur timur, tepatnya 64 kilometer timur laut Pulau Doi, Malut. "64 km timur laut Pulau Doi, Malut. Kedalaman 18 km," tambah BMKG dalam keterangannya.

Meskipun BMKG telah memberikan informasi awal, mereka menekankan bahwa hasil pengolahan data belum stabil dan dapat berubah seiring dengan kelengkapan data. BMKG menegaskan bahwa prioritas utama dalam menyampaikan informasi gempa adalah kecepatan, demi memberikan peringatan dini kepada masyarakat terkait potensi risiko pasca-gempa.

Gempa ini menjadi perhatian serius terutama di wilayah sekitarnya, mengingat kedalaman yang signifikan dan magnitudo yang mencapai 5,6. Pihak berwenang dan masyarakat di daerah terdampak diimbau untuk tetap waspada dan mematuhi petunjuk keselamatan dari pihak berwenang setempat.

Sebelumnya, pada waktu yang hampir bersamaan, BMKG juga mencatat gempa berkekuatan magnitudo 5,3 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara, dengan pusat gempa di laut. Gempa tersebut menjadi sorotan tambahan terkait aktivitas seismik di wilayah Indonesia.

Related Posts

Posting Komentar

Advertisement

ads f

close